TROIS COURSE™

3 Courses Menu Concept for Successful F&B Business

DISCOVER HOW TROIS COURSE™ BUILDS, ACELERATES & GROWS YOUR F&B BUSINESS

TROIS COURSE™

3 Courses Menu Concept for Successful F&B Business

Course 1

The APPETIZER

. . . . . . . . . . . . . . . . .

read more

Course 2

The ENTREE

(Main Course)

. . . . . . . . . . . . . . . . .

read more

2
Course 3

The DESSERT

. . . . . . . . . . . . . . . . .

read more

...

01

Section 1 - The APPETIZER

[ The FOUNDATION ]

Jika bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda adalah sebuah bangunan rumah, hal krusial apakah yang harus dilakukan?

Ya, betul.. Pondasi.

Karena seberapa mahal material/bahan bangunan, pintu & jendela yang berukiran cantik serta disain dari arsitek yang termahal seduniapun, tidak akan membuat bangunan rumah Anda bertahan lama tanpa pondasi yang kokoh & kuat.

Namun sayang hal krusial ini banyak, bahkan amat sangat banyak dilewati oleh para pemilik bisnis F&B (Restoran/Kuliner).

Sama halnya seperti pada menu, course pertama adalah Appetizer, secara course ini memberikan base kepada pengalaman dining seseorang dengan membangkitkan selera “to appetite”, oleh karenanya, section ini dinamakan sebagai “The Appetizer”. 

1

The WHY

Jika anda seorang kapten kapal, bagaimana rasanya mengarungi lautan yang begitu luas beserta dengan awak kapal anda tanpa tahu mau kearah mana.
Hanya menjalani saja perjalanan anda, tanpa tahu mau kemana tujuannya?

Apakah akan jauh lebih baik jika mempunyai tujuan yang jelas, tahu apa yang harus dilakukan & diselesaikan terus menerus agar sampai ke tujuan dan mempunyai aturan budaya yang kuat & jelas serta dipahami oleh semua awak kapal Anda..

Sayangnya, pondasi pertama yang paling penting ini justru banyak disepelekan oleh banyak pebisnis F&B (Restoran/Kuliner) yang saya temui..

& hasilnya bisa anda tebak sendiri seperti apa bisnis F&B (Restoran/Kuliner) nya..

 

2

The PLAN

Masih ingatkah anda..

Berapa banyak Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) yang pernah/biasa Anda lalui di perjalanan Anda menuju ke kantor, pulang ke rumah, ke tempat kawan, atau kemana saja tahun lalu, bulan lalu, minggu lalu atau bahkan baru beberapa hari yang lalu .. & tiba-tiba Anda baru menyadari kalau Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) tsb sekarang sudah tutup?

Tahukah anda hampir sebagian besar para pemilik Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) membuka Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) tanpa perencanaan yang matang?

Yang mana seharusnya terdapat analisa kelayakan sebuah bisnis, perencanaan dalam hal pemasaran, operasionalnya, proyeksi keuntungan, modal dan masih banyak lagi hal-hal yang sangat penting & krusial..

..karena begitu modal sudah masuk & gunakan dan restoran telah buka serta mulai beroperasi..

Pertanyaannya akan sangat sederhana apakah modal bisa kembali, jika ya, kapan?

and “There’s no way to turn back”… ingat.. “Fail to Plan is Plan to fail”

 

02

Section 2 - The MAIN COURSE

[ The MEAT ]

Apa yang Anda harapkan dari mengunjungi sebuah outlet F&B (Restoran/Cafe/Bar/ atau bahkan sebuah Kuliner Spot dll) jika bukan mencari Experience (Pengalaman) nya yang pastinya terdiri dari Produk (Menu – Food & Beverage), Service (Pelayanan) dan Ambiance (Suasana) yang berkualitas tentunya yang sangat berkaitan.

Mengapa berkaitan??

Pernah mengunjungi sebuah outlet F&B (Resto/cafe/dll) yang menu makanan & minumannnya luar biasa enak dan pelayanannya juga ramah tapi sayang koq tempat (suasana/tema/concept) nya kayak nga nyambung? .. atau 

Tempat (suasana/tema/concept keren abis dan menu (F&B) nya juga enak-enak tapi sayang.. waiter/ess nya jutek-jutek dan main HP terus, atau mungkin..

Pelayanannya sangat excellent, ramah & helpful serta tempatnya juga bagus (suasana, tema & concept) nya mengasikan cuma koq makanannya tidak ada yang enak.. dan mahal pula.

Oleh karenanya, section ini bisa dikatakan sebagai “Daging”nya atau The “Main” Course.

3

The MENU

Menu anda adalah “#1 marketing tool” anda.

Sebagaimana Anda tahu bahwa semua customer yang datang ke Bisnis F&B (Restoran/Kuliner)  Anda pasti akan melihat menu tsb.

Gagal menyajikan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan customer-customer tsb.. sesuai dengan Market Segment, Preference, Design, Tone dll yang tepat sasaran maka Anda sudah tahu jawabannya.

Mereka tidak akan beli.. Dan yang terburuk adalah.. Mereka tidak akan datang lagi.

Menu yang baik adalah menu yang bisa memenuhi kebutuhan & keinginan target market anda (Approachable), bisa direalisasikan dari kitchen/bar sesuai yang dijanjikan (Deliverable) dan pastinya yang dapat memberikan keuntungan (Profitable).

Bukankah demikian?

4

The SERVICE

Ungkapan “Restaurant without hospitality is only brick & mortar” adalah sangat tepat untuk menjelaskan tentang service.. atau pelayanan.

Selezat apapun menu pada Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda jika disajikan oleh pelayan Anda yang “jutek” maka akan sangat sia-sia semua usaha, bukan hanya tim Chef di dapur Anda.. bahkan semua usaha tim di Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda, oleh karenanya pemahaman akan pentingnya “Customer” sangatlah penting.

Tidak kalah penting pengaturan operasional pada floor (Floor Management) yang membuat pelayanan menjadi “smooth as sailing”

5

The AMBIANCE

Ada banyak faktor diluar dari menu Food & Beverage Anda yang bagus yang bisa mempengaruhi customer’s experience pada saat mereka dine in, baik di restoran yang formal fine dining, upscale ataupun fast food.

Pengaturan mood yang cocok (ambience), fasilitas pendukung dll, memainkan peran yang sangat penting dalam membuat kepuasan pelanggan begitu juga mempertahankan agar mereka kembali.

03

Section 3 - The DESSERT

[ The SUPPORT ]

Bagaimana rasanya pengalaman dining Anda tanpa ditutup dengan sesuatu yang manis??

Kurang lengkap bukan??

Coba tebak.. apakah mungkin sebuah Bisnis F&B (resto/Kuliner) bisa terus memberikan Produk (Menu F&B) yang enak-enak & sesuai, Service (Pelayanan) yang ramah & excellent serta ambiance (suasana) yang keren, jika Bisnis F&B (Resto/Kuliner) tsb sepi customer, kalaupun ada customer tapi penjualan sangat minim, operasional berantakan, penuh dengan karyawan bermasalah dan financial yang kacau.

Ok, jika jawaban Anda BISA, maka seberapa lama Bisnis F&B (Resto/Kuliner) tsb bisa bertahan dengan terus berusaha men”deliver” hal-hal diatas? 

Ya betul, sulit dibayangkan bukan?

Oleh karenanya, Section 3 – The Dessert  ini bisa disebut sebagai section “The SUPPORT” yang berfungsi untuk mendukung agar Customer Experience yang berasal dari  Produk (Menu), Service & Ambiance (Suasana) yang berkualitas terus bisa ter “deliver” kepada customer.

6

The LEAD GENERATOR

Anda boleh bangga dengan Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda yang keren & menu makanan anda yang super lezat, tapi jika tak seorang pun yang tahu & tidak ada yang datang, tidak perlu ditanyakan lagi.. seberapa lama Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda akan bertahan.

Anda sebagai pemilik Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) harus berusaha, bagaimanapun caranya agar nama Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda selalu berada di radar customer Anda & mendatangkan mereka.

Lalu, apa sih pentingnya sebuah Merk? Bisa dibilang “Semuanya!!”. Brand atau Merek adalah identitas bisnis anda.

Coba bayangkan jika anda kehilangan identitas?

Tantangan selanjutnya adalah strategi-strategi apa yang sesuai dengan target market anda agar mereka bisa & tetap datang bahkan antri ke Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda.

7

The LEAD CONVERTER

Keberhasilan marketing adalah men’create leads/prospect atau calon customer, namun leads atau calon customer yang begitu banyak bertandang mengunjungi website, social media atau berdiri di menu board didepan Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda, tidak akan datang dan masuk ke restoran anda jika tidak ada strategi leads conversion atau strategi bagaimana mengkonversi dari calon customer menjadi customer yang bersedia membayar/membeli..

Bahkan tantangan selanjutnya adalah bagaimana customer-customer tersebut bisa menjadi pelanggan/loyal customer di Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda.

8

The RULER

Boleh saya tanya, apa yang terjadi jika kereta api tidak ada rel nya?

Ya, betul !!
Kereta api tsb tidak akan dapat berjalan dengan baik, bertabrakan kemana-mana dan sulit untuk mencapai tujuan sesuai arah tujuan yang sudah ditetapkan.

Sama halnya dengan sebuah Bisnis F&B (Restoran/Kuliner).

Sistem operasional sama seperti sistem mekanisme pada sebuah mesin agar Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda bisa berjalan, bahkan berlari kencang dengan cepat & lancar.

Bicara tentang system artinya bicara tentang prosedur & aturan main seperti alur bisnis, struktur organisasi dan masih banyak lagi.

Ini adalah alat yang sangat penting agar Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda bisa berjalan tanpa Anda harus berada disana terus dari pagi sampai malam.. bahkan ini adalah kuncinya agar anda para restopreneur atau pemilik Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) bisa mendapatkan hidup yang seperti Anda inginkan.

Tertarik?

9

The [SUPER] TEAM BUILDER

“KARYAWAN Restoran saya bikin “CAPEK HATI” semua”,
“Cari KARYAWAN Restoran yang bagus koq SULIT banget yah?”..

Anda familiar dengan kata2 dibawah ini?

Bagaimana mungkin Anda bisa mengharapkan Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda bisa berlari kencang jika tim di Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda seperti diatas?

Tantangannya adalah bagaimana mendapatkan tim yang berkualitas, kemudian membuatnya menjadi jauh lebih baik & sesuai dengan kebutuhan Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda, sampai bagaimana agar SuperTEAM anda yang sudah terbentuk tidak “pindah ke lain hati”

10

The PROFIT CONTROLLER

Coba saya tanya, “Bagaimana sih rasanya mengendarai kendaraan tanpa adanya sebuah dashboard?”

Mengapa??

Banyak Pemilik Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) yang merasa pusing kalau sudah bicara tentang Finance & Accounting, yang pada akhirnya diserahkan kepada staff keuangan dan hanya melihat “bottom line”nya saja pada akhir bulan tanpa tahu prosesnya.

Tahukah Anda bahwa ada banyak indikator-indikator penting pada laporan keuangan sesuai dengan format khusus Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) yang sangat berpengaruh kepada keputusan bisnis, perkembangan dan pertumbuhan Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda, bahkan kalau boleh dibilang.. hidup matinya Bisnis F&B (Restoran/Kuliner) Anda.

Ada banyak faktor yang menyebabkan naik turunnya profitabilitas anda, dan salah satunya bintang utamanya adalah “Food Cost”.

 

PROGRAMS TO BUILD, ACCELERATE & GROW YOUR F&B BUSINESS

Based on TROIS COURSE™ Framework

YES

I’m Ready to Grow
my F&B Business